logo gundar

logo gundar

Minggu, 21 November 2010

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Perusahaan itu adalah unit ekonomi yang mengkombinasikan sumber daya manusia, alam dan modal serta menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan barang-barang atau jasa tertentu. Tujuan perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan melalui  peraihan keuntungan untuk para pemangku kepentingan (stakeholder) seperti  pemilik perusahaan, pengurus,  pegawai, konsumen, kreditor dan pemerintah.
Sesuai dengan tujuan dan tanggung jawabnya, perusahaan mempunyai tiga fungsi  yaitu:
a). Fungsi komersial , memperoleh laba/penghasilan dari hasil menyediakan dan menjual barang/jasa.
b). Fungsi sosial, perusahaan harus mampu memberikan peluang kerja kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat , ikut memelihara melestarikan lingkungan hidup, dan melakukan kegiatan sosial lainnya bagi masyarakat
c). Fungsi ekonomi , membantu pemerintah menjaga kelancaran arus barang/jasa untuk kesejahteraan masyarakat dan memberikan kontribusi dalam pembangunan fisik dan non fisik melalui pembayaran pajak-pajak.

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya termasuk aspek-aspek ekonomi , politik, sosial, hukum, ekologi dan sebagainya.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN
• Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membayar pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak. Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakiin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.

• Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penerimaannya maka akan terjadi deficit Negara. Untuk menutup deficit ini dapatlah dilakukan peminjama kepada bank-bank. Jumlah uang yang dipinjamkan denga cara ini disebut utang Negara. Tidak semua pajak yang dipungut oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan penghasilan, terutama pajak-pajak yang dikenakan pada tempat perjudian, dan pajak impor untuk melindungi kegiatan usaha dalam negeri terhadap persaingan harga. Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, antara lain:
a. Pajak tidak langsung adalah Pajak yang dikenakan atas barang-barang seperti rokok, tembakau, minuman keras, dan sebagainya, yang dibayar oleh imppotir, produsen dan pedagang besar.
b. Pajak langsung adalah termasuk pajak langsung karena langsung di kenakan atau dipungut atau pembayar pajak.

LINGKUNGAN HUKUM
HUkum yang ada di Indonesia dapat dikelompokkan kedalam 2 bagian :
1. Hukum public
Hukum public ini mengatur masalah-masalah yang mengatur kepentingan dan keamanan umum. Pengertian umum disini meliputi: seseorang, sekelompok orang, masyarakat dan Negara. Yang termasuk dalam hukum public adalah hukum tatanegara, hukum tatausaha, dan hukum pidana

2. Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam suatu masyarakat. Termasuk dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

LINGKUNGAN PEMERINTAHAN
Hubungan antara perusahaan dan pemerintahan telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat. Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap sumber-sumber yang harus digunakan.
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
• Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara di tunjukan dalam neraca pembayaraannya . Neraca pembayarn ini menggambarkan transaksi-transaki internasional. Yaitu sejumlah utang Negara Y terhadap Negara X, suatu konsep penting yang berhubunga dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.

• Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
Perusahaan-perusahaan Multinational kebanyakan dari Negara-negara eropa, Amerika, dan jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri. Misalnya, perusahaan mobil Volkswagen/VW dari Jerman barat, sekarang menjual 67% hasil produksinya di luar Jerman . Dan lain-lainnya .
• Kegiatan-kegiatan Multinational
Perusahaan multinational bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke suatu Negara saja , tetapi juga ke Negara-negara lain. Kemudian mendirikan perusahaan perakitan/assembling di Negara kedua untuk melayani kebutuhannya disamping Negara ketiga yang ada di sekitarnya. Perusahaan-perusahaan Multinational beroperasi disuatu Negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.
• Ciri-ciri Perusahaan Multinational
PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan perusahaan Multinational sebagai satu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/ manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara. Dengan definisi ini maka Perusahaan Multinational merupakan sumber dari penanaman mod lasing langsung dan jumlahnya merupakan ukurn kegiatan perusahaan itu.
• Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinational
A. Kebaikan Perusahaan Multinational
1. Menambah defisa negra melalui penanaman modal di bidang ekspor
2. Mengurangi devisa untuk impor disektor industry
3. Memodrnisir industi
4. Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru
5. Ikut mendukung pembangunan nasional . dan lain-lain
B. Keburukan Perusahaan Multinational
1. Makin banyaknya perusahaan Multinational yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi Negara
2. Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi Negara
3. Mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memperbesar modal merupakan motif Perusahaan-perusahaan Multinational.

sumber ; www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar